ILMU SEJARAH - IPMANAPANDODE-BALI

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 02 April 2016

ILMU SEJARAH

ILMU SEJARAH
Sejarah ialah ilmu tentang manusia
Peristiwa masa lalu itu sangat luas.Terjadinya alam semesta memang sudah berlalu,tetapi itu menjadi obyek penelitian astronomi,bukan sejarah.Demikian pula pengeseran-pengeseran bumi di masa lalu merupakan pekerjaan geologi dan bukan sejarah.jadi,sejarah hanya bercerita tentang manusia. Akan tetapi,juga bukan cerita tentang masa lalu manusia secara keseluruhan.Manusia yang berupa fosil menjadi obyek penelitian antropologi ragawi dan bukan sejarah.Demikian juga benda-benda, yang meskipun itu perbuatan manusia juga,tetapi lebih menjadi pekerjaan arkeologi.Sejarah hanya mengurusi manusia masa kini.Ada persetujuan tidak tertulis antara arkeologi dan sejarah di Papua yang sampai sekrang pada umumnya. Sejarah akan meneliti peristiwa-peristiwa sudah terjadi & akan terjadi.
Definisi Sejarah
Jadi apakah sejarah itu? Sejarah adalah rekonstuksi masa lalu.Jangan dibayangkan bahwa membangun kembali masa lalu itu untuk kepentingan masa lalu sendiri; itu antikuarianisme dan bukan sejarah.Juga jangan dibayangkan masa lalu yang jahu. Kata seorang sejarawan Papua, sejarah itu ibarat orang naik kereta menghadap ke belakan. Ia dapat melihat kebelekang,kesamping kanan dan kiri.satu-satunya kendala ialah ia tidak bisa melihat kedepan.
Ada definisi sejarah yang teologis yang menyatakan bahwa sejarah ialah apa yang di kerjakan sejarawan mempunyai kebebasan dalam rekonstruksi. Yang mengikat sejarahwan hanyalah “Batang korek” yang berupa fakta sejarah. Prumpamaan lain, sejarawan itu seperti dalang,ia dapat memainkan apa saja.Akan tetapi ia dibatasi oleh dua hal, yaitu Wayang dan lakon. Tarulah wayang itu sebagai fakta ,dan lakon itu sebagai tema yang dipilih sejarahwan.
Apa yang direkonstruksi sejarah? Inilah apa saja yang sudah dipikirkan, dikatakan,dikerjakan, dirasakan,dan dialami oleh orang. Sejarawan dapat menulis apa saja asal memenuhi syarat untuk disebut sejarah.
 Guna Sejarah
Orang  tidak akan belajar sejarah kalau tidak ada gunanya.Kenyataan bahwa sejarah terus di tulis orang,di semua peradaban dan sepanjang waktu,sebenarnya cukup menjadi bukti bahwa sejarah itu perlu. Tetapi bagi mereka yang melakukan hasil peradaban manusia ini,baiklah disini akan dipaparka guna sejarah.
Sejarah itu berguna secara instrinsik. Secara instrinsi, sejarah itu berguna sebagai pengetahuan.Seandainya sejarah tidak ada gunanya secara ekstrinsik, yang berarti tidak ada sumbangan nya diluar dirinya,cukup dengan nilai-nilai intrinsiknya.Akan tetapi,disadari atau tidak ternyatanya sejarah itu ada di mana- mana.
Ada empat guna sejarah secara intrinsik :
1. Sejarah Sebai ilmu 
2. Sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau & masa depan
3. Sejah sebagi pernyataan pendapat  dan
 4. sejarah sebagai profesi .

Penulis : Jhon Eguwai Mote
Kerangka Berpikir Mee Yokaa 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages